Kamis, 13 Oktober 2011

KALAM SHIRATHAL MUSTAQIM MABOSE

Ingat Allah ketika berdiri, duduk dan berbaring yang merenungkan penciptaan langit dan bumi; " Wahai Rabb kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari adzab meraka." (ali imran:191)
Peran Ilmu Dalam Pensucian Jiwa.
Agar ilmu dapat menunaikan perannya dalam proses pensucian Jiwa, maka ilmu itu harus memenuhi dua syarat berikut:
Pertama: Ilmu harus diiringi oleh amal saleh yang ihklas hanya karena Allah Ta'ala, dan memegang teguh adab-adab yang lazim bagi seorang pengajar dan pelajar,
Kedua Seorang muslim harus menjauhi debat kusir dan poertengkaran dalam masalah-masalah ilmu.
Ad1). Ilmuyang bermanfaat adalah ilmu yang diikuti dengan amal dan menjadikan pemiliknya berahlak mulia dan memilikiadab yang sempurna, berpegang tegu kepada Al-Qur'an dan Assunnah, serta memiliki niat ihklas hanya karena Allah Ta'ala memperingatkan kita tentang ilmu yang tidak dibarengio dengan amalsaleh dan kata-kata yang tidak sama dengan perbuatan,
FirmanNya:" Hai orang-orang yang berimnanmengapa kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan? Amat besar Murka Allah jika kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan. "(Ashkshass:2-3). Dan FirmanNya yang alain : Mengapakalian menyuruh oranglain mengerjakan kebajikan, sedangkan kalian melalaikan (kewajiban) diri kalian sendiri, padahal kalian membaca Al Kitab( Taurat)? Maka tidakkah kalian berpikir?" ( Al Baqarah:44)
Rasulullah Saw juga menjelasakanbahwa pada hari kiamat orang y7ang berilmu akan ditanya mengenai ilmu mereka, apa yang mereka lakukan dengan ilmu tersebut. Aapakah ilmu tersebut membuahkan rasa takut kepada Allah dan dekat kepadaNya , atau menjadi sarana untuk sombong dan berbangga diri dihadapan manusia ?
Ad.2)Berdebat dan bertengkar dalam masalah-masalah ilmu dapat mengeraskan hati dan menghalangi seseorangdari mendapatkanb hasil-hasil ilmu.
Rasulullah bersabda:" Sesuatu kamu tidakakan sesat setelah mendapat petunjuk kecuali karena melakukan perdebatanb "kemudian beliau membaca,". mereka tidakmemberikan perumpamaan itu selain untuk membantah saja. Sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar. "( Az Zukhruf[43]:58) Wallahu'alam. "MABOSE SMS"KHALAM SHIRATHAL MUSTAQIM"
JIKA ADA KERAGUAN : CALL PHONE: 083897683000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar